Artikel Menarik Lainnya

Slider

Tahukah Kamu

Humor

Asmara

Kesehatan

Renungan

Gaya Hidup

Biografy

» » » » 4 Hal Yang Menyebabkan Dirimu Lelah

Pernahkah suatu hari kamu merasakan begitu beratnya kepala dan sepertinya hari tidak sedang asik bagimu dan yang kau rasakan adalah lelah yang teramat sangat.

Atau pernah suatu saat, ketika sedang latihan, bertanding futsal/melakukan berbagai kegiatan, tubuh seperti tidak berkoordinasi dengan baik seperti apa yang kita inginkan. Seolah-olah tubuh tidak menurut dengan kemauan kita dan sulit untuk dikontrol atau dikendalikan.

Jika pernah merasakan hal tersebut, bisa jadi kamu terindikasi oleh hal yang bernama KELELAHAN. Dimana itu merupakan hal yang terjadi karena energi yang kita miliki terkuras oleh berbagai aktifitas yang kita jalani.

Apakah kamu mau tahu kenapa kita bisa menjadi begitu lelah? Apakah kamu mau menjadi lebih segar? Untuk mengetahuinya cukup lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.Faktor penyebab kelelahan ada beberapa, ada 4 Hal terabaikan yang menyebabkan kamu begitu lelah dan menguras energi bagi kita. Berikutlah makhluk-makhluknya.

1. Kurang Waktu Tidur

Hal yang paling sering kita abaikan, termasuk saya. Kekurangan waktu tidur merupakan hal yang paling sering terjadi. Sejatinya ketika kita kekurangan waktu tidur 2 jam atau lebih dalam beberapa hari akan membuat anda merasa lelah serta mengurangi daya konsentrasi, mengalami sulitnya mengambil keputusan dan menurunnya daya ingat.
Idealnya bagi setiap orang jumlah waktu tidur malam yang baik adalah selama 7-8 jam dalam sehari. Apakah waktu tidur kamu kurang dari itu atau malah lebih?

2. Makan Berlebihan

Perut yang kenyang karena makan akan membuat aliran darah yang tadinya ke otot menjadi ke perut untuk membantu proses pencernaan. Hal ini biasanya menjadikan kita merasa letih.

Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar juga akan meningkatkan gula dalam darah yang akan mengganggu sistem tubuh.
Makan dengan porsi kecil dengan rutin 3-4 jam sekali akan membuat kadar gula dalam darah kita menjadi stabil. Serta membuat energi kita tetap terjaga.

3. Mengkonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Kafein bisa mengganggu fase REM, fase dimana kita merasakan nyenyak dalam tidur yang berguna dalam memulihkan diri setelah beraktifitas seharian. Hal terbaik adalah menghindari meminum kopi/kafein 4-6 jam sebelum waktu tidur.
Hal lainnya yang disebabkan kafein adalah, anda bisa menjadi pening. Karena kafein dapat membuat lelah kelenjar adrenal kamu. Ini terjadi ketika kita mengkonsumsi kafein/kopi dengan jumlah lebih dari 45 gram setiap hari.

4. Alkohol Berlebih

Sama halnya dengan kafein alkohol juga dapat menganggu fase REM kita, selain itu metabolisme alkohol dapat menurunkan kadar vitamin B yang berguna untuk memberikan kita energi.
Jika anda muslim, maka anda sudah pasti akan menjauhi minuman ini.
Namun jika anda non muslim pastikan dalam sehari anda tak lebih dari 2 gelas alkohol bagi pria dan 1 gelas bagi wanita. Dan jangan pula mengkonsumsi 3-6 jam sebelum waktu tidur anda.
Itulah beberapa hal yang terkadang suka kita abaikan dalam keseharian kita yang sejatinya membuat kita menjadi kelelahan. Yuk kita mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
Jaga pola makan, istirahat kamu. Terutama menjelang pertandingan atau latihan futsal, karena kiper futsal diharapkan selalu dalam kondisi yang fit. Jangan sampai begadang jika esok hari ada pertandingan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: