Artikel Menarik Lainnya

Slider

Tahukah Kamu

Humor

Asmara

Kesehatan

Renungan

Gaya Hidup

Biografy

» » » » Jokowi Kalah Dari SBY di Media Sosial

Di kutip dari INILAH.COM, Jakarta - Euforia akun twitter milik Presiden SBY @SBYudhoyono sempat menjadi perbincangan publik. Tak butuh waktu lama, akun ini pun diikuti oleh jutaan pengguna twitter 

Data yang dihimpun PoliticaWave pada periode 13-20 April 2013 terungkap jumlah buzz mengenai akun @SBYudhoyono sebanyak 818.978 dengan jumlah akun yang membicarakan sebanyak 409.814 akun.

"Jumlah ini terhitung fenomenal karena dianggap melampaui rekor Jokowi, di mana ia biasanya dibicarakan sebanyak 250.000 buzz," ujar Yose Rizal, Pendiri & CEO Media Wave Group kepada INILAH.COM, Selasa (30/4/2013).

Dari jumlah tersebut, PoliticaWave mencatat percakapan mengenai akun @SBYudhoyono ini berpotensi menjangkau 295.579.339 user. 

Hal ini dikarenakan jumlah user yang membicarakan akun @SBYudhoyono adalah akun-akun dengan jumlah follower yang terhitung banyak, yaitu berkisar 101-500 follower, dan beberapa seleb twitter yang mempunyai follower lebih dari 10.000.

Selain itu, jumlah buzz yang dilakukan oleh akun-kaun tersebut mengenai akun @SBYudhoyono juga cukup banyak karena mereka rata-rata melakukan buzz sebanyak 1-10 kali mention ataupun reply tweet @SBYudhoyono.

PoliticaWave mencatat persepsi netizen mengenai akun @SBYudhoyono ini mayoritas diisi dengan persepsi yang cenderung netral, yaitu sebanyak 710.959 buzz. Artinya, seimbang antara jumlah persepsi positif dengan persepsi negatif. Untuk persepsi positif ditemukan buzz sebanyak 56.174 buzz, sedangkan untuk persepsi negatif ditemukan buzz sebanyak 51.845 buzz.

Di antara isu negatif terkait respons nitizen seperti adanya kemiripan akun @SBYudhoyono dengan akun @BarackObama, tweet yang cenderung normatif dan pencitraan, serta akun-akun yang di-follow oleh akun @SBYudhoyono yang kebanyakan dari kalangan selebritis.

Sedangkan isu positif terhadap akun @SBYudhoyono saat merespons kasus kecelakaan pesawat di Bali seta Bom di Boston. Tweeps melihat bahwa pernyataan berduka terhadap kasus Boston serta tanggapnya SBY dalam masalah kecelakaan pesawat di Bali yang kemudian dilaporkan di twitter adalah tindakan yang tepat dan positif di mata tweeps.

Yose menyebutkan kehadiran akun @SBYudhoyono ini juga menyebabkan demonstrasi sudah mulai mengalami penambahan bentuk, yaitu adanya demonstrasi di twitter.

"Dengan adanya akun Presiden SBY ini, terlihat beberapa tweeps mencoba menyampaikan aspirasinya secara langsung ke Presiden SBY melalui mention ke akun @SBYudhoyono," kata Yose.

Aspirasi yang disampaikan cukup beranekaragam, baik dari masalah Uijan Nasional hingga kebijakan penaikan harga BBM.[bay]

Sumber : inilah.com

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: