-->
Loading...

Saturday, 16 February 2013

Sejarah Bendera Merah Putih


Bendera nasional indonesia, Sang saka merah putih pertama kali diperkenalkan dan dikibarkan dengan resmi di hadapan dunia pada upacara hari kemerdekaan indonesia, tanggal 17 agustus 1945. Desain bendera tidak berubah hingga kini, warna merah putih datang dari bendera kerajaan majapahit pada abad ke-13 dan kemudian warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai simbol ekspresi nasionalisme melawan belanda. 

Namun sesungguhnya bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di jawa pada th. 1928 di bawah pemerintahan belanda, namun bendera tersebut dilarang berkibar. Bendera tersebut kemudian diadopsi jadi bendera nasional pada tanggal 17 agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan sejak itu mulai diperkenalkan secara sah bahwa sang saka merah putih adalah bendera kebangsaan indonesia. 

  Namun ada pula yang menceritakan perihal bendera indonesia, bahwa hakekat merah putih adalah bentuk perlawanan atas kolonialisme belanda, dimana bendera belanda ( merah-putih-biru ) disobek birunya. Alasan utamanya adalah kenapa warna biru pada bendera belanda yang disobek karena warna biru dianggap mewakili aristokrasi berdarah biru. Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah didalam perang kemerdekaan, namun putih dapat dipahami untuk melambangkan kesucian perjuangan untuk menjadi sebuah bangsa yang mandiri yaitu bangsa indonesia.  Saya pribadi tidak yakin bahwa merah putih adalah hasil sobekan dari bendera belanda, karena fakta sejarah mengatakan sebaliknya bahwa leluhur bangsa ini sudah menggunakan warna merah putih sebagai bendera ratusan tahun yang lalu!  Tentang perobekan bendera belanda di hotel yamato, surabaya, itu terjadi jauh sesudah proklamasi kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 19 september 1945. namun pada proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945, kita telah mengibarkan bendera merah putih. Jadi, tidak benar merah putih kita adalah hasil menyobek bendera belanda ! 

Bendera Pusaka
Biasa disebut bendera merah putih, sang dwiwarna, atau sang saka merah putih. Bendera pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan kediaman soekarno ketika dia memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. 

  Bendera pusaka ini adalah dijahit oleh ibu fatmawati soekarno, dan dikibarkan setiap tahunnya di depan istana presiden pada waktu upacara hari kemerdekaan. Tetapi, karena sudah sangat rapuh maka bendera pusaka dikibarkan untuk terakhir kalinya pada 17 agustus 1968. Merah bermakna keberanian dan putih bermakna kemurnian atau kesucian. Merah tersebut adalah tubuh manusia atau kehidupan fisik, dan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Menyatu padu berdiri untuk melengkapi manusia. 
  Secara tradisi, sebagian besar masyarakat indonesia sudah memakai merah dan putih sebagai perlambang warna suci bagi mereka, pencampuran warna gula ( warna merah datang dari gula kelapa atau gula aren ) dan beras ( berwarna putih ). Bahkan hingga sampai hari ini, keduanya adalah komponen utama masakan indonesia setiap harinya.
  Pengertian bendera  

Kata "bendera" berasal dari kata : 
  • Bandira / bandir yang artinya umbul-umbul, 
  • Bandiera dari bahasa itali rumpun romawi kuno 
  • Didalam bahasa sangsakerta adalah pataka, panji, dhuaja 
  • Menurut kamus besar bahasa indonesia bendera adalah sepotong kain segi empat atau segi tiga ( dikaitkan pada puncak tiang ) dipergunakan jadi lambang negara, perkumpulan badan, dsb atau sebagai tanda. 
  • Bendera nasional indonesia adalah sesuatu bendera berdesain simpel dengan dua warna yang dibagi jadi dua bagian dengan mendatar ( horizontal ).
  • Bangsa indonesia purba tercatat berada di daratan asia tenggara pada +6000th.yang lalu , memiliki keyakinan dalam bentuk tradisi ritual bahwa matahari dan rembulan adalah benda langit yang amat penting didalam perjalanan hidup manusia. Penghormatan terhadap benda langit itu disebut penghormatan surya candra.  Keyakinan purba tersebut menghubungkan matahari dengan warna merah dan rembulan dengan warna putih. Dan atas adanya penghormatan surya candra inilah , bangsa indonesia amat menghormati warna merah putih secara turun menurun. 
  • Dalam catatan sejarah, bendera merah putih dikibarkan pada th. 1292 oleh tentara jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan kertanegara dari singosari (1222-1292 ).  Pada saat itu , kerajaan majapahit menganggap bahwa warna merah dan putih adalah warna yang dimuliakan, oleh sebab itu digunakannya dalam upacara hari kebesaran raja seperti pada saat pemerintahan hayam wuruk yang bertahta di kerajaan majapahit th. 1350-1389 m. 
  • Pada era perang jawa ( 1825-1830 m ) pangeran diponegoro menggunakan panji-panji berwarna merah putih didalam perjuangannya melawan belanda. 
  • Bendera perang sisingamangaraja ix dari tanah batak pun menggunakan warna merah putih sebaga warna benderanya, bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah & putih ini adalah bendera perang sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja sisingamangaraja I-XII. 
  • Ketika terjadi perang aceh, pejuang aceh sudah memakai bendera perang berbentuk umbul2 dengan warna merah & putih, berlatar pedang, bulan sabit, matahari dan bintang dan ayat suci al qur’an. 
  • Di zaman kerajaan bugis bone, bendera merah putih adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan bone. Bendera bone itu dikenal dengan nama woromporang. 
  • Bendera yang dinamakan sang merah putih ini pertama kali dipakai oleh para pelajar dan kaum nasionalis pada awal abad ke-20 di bawah kekuasaan belanda. 
  • Bendera merah putih berkibar untuk pertama kali pada abad 20 sebagai lambang kemerdekaan adalah di benua eropa yaitu pada th. 1922 dimana perhimpunan indonesia mengibarkan bendera merah putih di negeri belanda dengan kepala banteng ditengah-tengahnya. 
  • Pada th. 1927 lahirlah di kota bandung partai nasional indonesia ( PNI ) yang memiliki tujuan indonesia merdeka. Pni mengibarkan bendera merah putih kepala banteng. 
  • Pada tanggal 28 oktober 1928 berkibarlah untuk pertama kalinya bendera, merah putih jadi bandera kebangsaan yaitu pada kongres indonesia muda di jakarta. Sejak itu berkibarlah bendera kebangsaan merah putih di seluruh kepulauan indonesia. 
  • Bendera nasional indonesia, Sang saka merah putih pertama kali diperkenalkan dan dikibarkan dengan resmi di hadapan dunia pada upacara hari kemerdekaan indonesia, tanggal 17 agustus 1945.
  • Terjadi perobekan bendera belanda di hotel yamato, surabaya, tepatnya pada tanggal 19 september 1945.
Arti warna merah putih 

Kedua warna merah dan putih mengandung arti yang suci. Warna merah serupa dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih serupa dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama didalam masakan indonesia, terlebih di pulau jawa. Ketika kerajaan majapahit berjaya di nusantara, warna panji-panji yang dipakai yaitu merah dan putih ( umbul-umbul abang putih ).

Dulu dan bahkan hingga sekarang , warna merah dan putih ini oleh orang jawa dipakai untuk upacara selamatan kandungan bayi setelah berumur 4 bulan. Selamatan diuborampekan dalam bentuk bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang jawa menyakini bahwa kehamilan diawali sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu sel telur dan unsur putih sebagai lambang bapak yaitu sperma yang bertemu didalam gua garba atau rahim..

Biasanya warna merah diartikan sebagai lambang keberanian, kewiraan sedangkan warna putih adalah lambang kesucian. Merah melambangkan darah, ciri manusia yang masih hidup sedangkan putih melambangkan getah, ciri-ciri tumbuhan yang masih hidup. Warna merah putih khusus bagi bangsa indonesia terutama untuk rumpun aestronia diartikan sebagai keagungan, kesaktian dan kejayaan. 

Penetapan merah putih jadi bendera nasional 

  • Sesudah perang dunia II berakhir, indonesia merdeka maka bendera merah putih jadi bendera nasional. Kemudian bendera merah-putih bergelar “sang” yang bermakna kemegahan turun temurun, sedangkan sang saka bermakna bendera warisan yang dimuliakan. 
  • Sang saka merah putih adalah julukan kehormatan terhadap bendera merah putih negara indonesia. Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk bendera merah putih yang dikibarkan pada tanggal 17 agustus 1945 dijalan pegangsaan timur 56, jakarta, ketika proklamasi diproklamirkan. Namun pada awal th. 1969 bendera pusaka itu tidak lagi dikibarkan karena telah tua dan dibuatkan duplikatnya yang terbuat dari sutera alam indonesia. 
  • Pada tanggal 18 agustus 1945, panitia persiapan kemerdekaan indonesia ( ppki ) yang dibentuk pada tanggal 9 agustus 1945 mengadakan sidang yang pertama dan mengambil keputusan undang-undang dasar republik indonesia yang sesudah itu dikenal sebagai undang-undang dasar 1945 ( UUD 1945 ). Didalam UUD 1945, bab 1, pasal 1, ditetapkan bahwa negara indonesia adalah negara kesatuan yang berupa republik dan pada pasal 35 ditetapkan pula bahwa bendera negara indonesia adalah sang merah putih. Maka sejak itu ditetapkan bahwa, sang merah putih adalah bendera kebangsaan negara kesatuan republik indonesia. 
Arti dan manfaat bendera merah putih 
Bendera indonesia mempunyai arti filosofis, merah bermakna berani, putih bermakna suci. Merah melambangkan tubuh manusia, namun putih melambangkan jiwa manusia. keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk indonesia.

Manfaat dan kedudukan bendera
1. adalah identitas dan jati diri bangsa
2. adalah kedaulatan bangsa
3. adalah lambang paling tinggi bangsa

Ketentuan tentang bendera merah putih 
Didalam uud 1945, bab 1 pasal 1, ditetapkan bahwa negara indonesia adalah negara kesatuan yang berupa republik. didalam uud 1945 pasal 35 ditetapkan pula bahwa bendera negara indonesia adalah sang merah putih.

Puu no. 4 th.1950 perihal bendera kebangsaan indonesia. perihal – perihal yang penting ada didalam ketentuan pemerintah perihal pusaka : 

  • Bendera pusaka adalah bendera kebangsaan yang di kibarkan pada upacara proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945. 
  • Duplikat bendera pusaka hanya boleh di kibarkan pada tanggal 17 agustus. 
  • Pada saat penaikan / penurunan semua yang hadir berdiri tegak. 
  • Pada waktu akan dikibarkan / diturunkan bendera tidak boleh menyentuh tanah atau air. 
  • Bendera kebangsaan tidak boleh di tambahi atribut yang lain cukup hanya dua warna saja. 
  • Menurut PP yang memutuskan tentang bendera indonesia yaitu perpu no. 40 th 1950 ukuran bendera di tentukan ukuran maximal 300 cm x 200 cm ukuran sekurang-kurangnya 30 cm x 20 cm dengan skala 2 berbanding 3 ( 2 :3 ) 
Perlakuan terhadap bendera merah putih 

1. Tidak boleh menyentuh tanah
Logika : bendera akan kotor
Kiasan : tanah adalah tempat berdasar, lantas bila bendera jatuh, seolah-olah menginjak bendera

2. Tidak boleh dibawa balik kanan
Logika : bendera akan jatuh sebab adanya pergerakan badan yang cepat
Kiasan : sebab negara layaknya mundur / kemunduran

3. Perlakuan terhadap bendera merah putih yang rusak / tidak di gunakan : 

  • Di pisahkan pada kain merah dan putih 
  • Bendera yang telah rusak hendaklah dimusnahkan / di bakar lewat cara yang benar membakar bendera tersebut dengan tertutup tanpa menunjukkan rasa tidak hormat pada bendera tersebut 
  • Disimpan pada tempat yang aman 
  • Bendera tidak seharusnya dipakai buat mengalas meja atau menutup suatu hal jika dipakai didalam upacara pemakaman kenegaraan. 
Fakta bendera merah putih 

1. Seluruh negara asia tenggara tentu mempunyai warna merah dan putih didalam benderanya ( kecuali vietnam ). Jadi, 8 dari 9 negara tetangga kita di asia tenggara mempunyai warna merah putih didalam bendera kebangsaannya. 

  • malaysia : merah, putih, biru, kuning 
  • singapura : merah, putih 
  • brunei : kuning, hitam, merah, putih 
  • thailand : merah, putih, biru 
  • filipina : merah, putih, biru, kuning 
  • kamboja : merah, putih, biru 
  • myanmar : merah, putih, biru 
  • laos : merah, putih, biru 
Ajaib bukan ? Bahkan negara lain juga pakai , antara lain :
  • amerika serikat : merah, putih, biru 
  • rusia : merah, putih, biru 
  • jepang : merah, putih 
  • perancis : merah, putih, biru 
  • italia : merah, putih, hijau 
  • inggris : merah, putih, biru 
2. Merah putih adalah pasangan warna tertua didalam budaya banyak negara dunia.

* diantara baju yg digemari oleh nabi muhammad saw adalah baju putih dan baju merah.

Dalil2 haditsnya : 

  • Dari jabir bin samurah ra : “saya ketika itu lihat nabi berpakaian merah, lalu saya membandingkannya dengan rembulan nyatanya didalam pandangan saya, beliau lebih indah dari pada bulan tsb. ” ( hr. abu ya’la dan al-baihaqi ) 
  • Ibnu qudamah berkata, “pakaian yg sangat utama adalah baju yg berwarna putih sebab nabi bersabda, ‘sebaik-baik baju kalian adalah yg berwarna putih. manfaatkanlah jadi baju kalian dan kafan kalian. ” ( al mughni, 3/229 ) 
* di negeri2 melayu dan didalam budaya nusantara, kita amat mengetahui bubur merah bubur putih.  

* di jepang, ada istilah “kouhaku” di mana didalam satu pertandingan satu pihak berwarna merah ( kou / beni) dan satu pihak lagi berwarna putih ( haku / shiro ).  kouhaku : sebatas ada dua tim, tim merah melawan tim putih.  
  * perang saudara rusia dan perang saudara finlandia adalah peperangan antara tentara merah dan tentara putih. 
  * di cina, merah adalah warna keberuntungan & digunakan untuk acara pernikahan. angpao didalam masyarakat tionghoa biasa diberikan didalam amplop merah. Sebaliknya, putih adalah lawan dari warna merah,sebab putih umumnya diartikan jadi warna berduka. jadi, merah dan putih ini berpasangan. 
  * Didalam budaya kristiani, yesus kerap dilukiskan berpakaian merah & putih.  warna merah & putih juga adalah salah satu warna utama didalam natal ( melihat baju sinterklas ). Kenapa ya tidak pakai putih-putih saja? Oh nanti dikira pake baju koko kali ya.
  * ada 150 negara yang memasukkan warna merah pada bendera nasional kebangsaannya. 
  3. Dari segi anatomi, merah putih adalah warna tertua didalam tubuh manusia. Sejak janin dibentuk didalam rahim, kemudian ia terdiri atas darah & daging ( merah ) dan tulang (putih). Didalam darah manusia, juga ada sel darah merah & sel darah putih ! 
  4. Dari segi geologi, merah & putih adalah representasi dua unsur alami yang terpanas dan terdingin di bumi. yang terpanas adalah lava / inti bumi ( berwarna merah ), dan yang terdingin adalah salju ( berwarna putih ). 
  5.Dari segi optik, merah adalah warna dengan frekuensi cahaya sangat rendah yg masih bisa ditangkap mata manusia dengan panjang gelombang 630-760 nm. di sisi lain, bila seluruh warna dasar dikombinasi dengan porsi dan intensitas yg sama, lantas akan terbentuk warna putih. 
  6. Cahaya merah adalah cahaya yg pertama diserap oleh air laut, hingga banyak ikan dan invertebrata kelautan yg berwarna merah. Di sisi lain, riak gelombang air laut senantiasa tampak berwarna putih. jadi, dapat dikatakan, merah putih itu sendiri adalah simbolisasi dari laut itu sendiri. Tidak heran, indonesia yg adalahnegara maritim / negara kepulauan pilih buat memiliki bendera merah putih ! 
Wah , ternyata merah putih tidak sekedar lambang keberanian dan kesucian ya!! 

Artikel Terkait:

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...
Comments
0 Comments

Tahukah Kamu

Aneh Dan Unik

 

Asmara

Sejarah

Biografy

Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Kebindo Time's ∙ Designed by Arie Pinokio | Distributed by MR-KRAB
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0