Artikel Menarik Lainnya

Slider

Tahukah Kamu

Humor

Asmara

Kesehatan

Renungan

Gaya Hidup

Biografy

» » » 5 Tsunami Terbesar di Dunia

1). Tsunami Krakatau tahun 1883
Pada tahun 1883, gunung berapi Krakatau di Selat Sunda, Indonesia, meletus dan menghancurkan 2/3 bagian dari pulau kecil tempat Krakatau berada. Letusan ini menghasilkan gelombang tsunami setinggi 40 meter yang melintasi Samudera Hindia dan menewaskan sekitar 36.500 orang. Menurut US National Geophysical Data Center, gelombang udara yang timbul dari ledakan tersebut berkeliling bumi sebanyak 7 kali.

2). Tsunami Jepang tahun 1498
tsunami jepang 1498-Tsunami Terbesar Di Dunia 
Jepang yang terkenal dengan sumber mata air panasnya dan juga tsunami-nya, ternyata kedua hal tersebut mempunyai satu penyebab yang sama, Jepang tepat berada di atas beberapa lempeng benua dan samudera yang bertemu di Samudera Pasifik. Dan pada tahun 1498, lempengan tersebut bergeser menyebabkan gempa berkekuatan 8,6 skala Richter yang menghasilkan gelombang tsunami setinggi 17 meter dan menelan sekitar 31 ribu korban jiwa.

3). Tsunami Lisbon tahun 1755
tsunami lisbon 1755-Tsunami Terbesar Di DuniaTsunami Lisbon terjadi pada tahun 1755, diakibatkan oleh sebuah gempa dahsyat berkekuatan 9 skala Richter di Samudra Atlantik yang menyebabkan munculnya gelombang tsunami setinggi 12 meter menghempaskan Lisbon, Portugal. Selain diperkirakan telah menewaskan 60.000 orang dan mengakibatkan kebakaran yang menghanguskan 2/3 bagian dari kota Lisbon, tsunami ini juga mempengaruhi bidang sastra dan filsafat di Eropa.

4). Tsunami Messina tahun 1908
tsunami messina_terremoto 1908-Tsunami Terbesar Di Dunia
Pada awal abad ke 20 tepatnya tahun 1908, gempa bumi terjadi di lepas pantai Messina, Italia, dan memicu gelombang tsunami yang merenggut nyawa lebih dari 75 ribu orang. Laporan mengatakan bahwa tsunami tersebut telah mengurangi populasi Messina hingga hanya ratusan jiwa saja.

5). Tsunami Samudra Hindia tahun 2004
tsunami samudra hindia-Banda_Aceh_Before_and_After-Tsunami Terbesar Di Dunia
Tsunami Samudra Hindia yang terjadi pada tahun 2004 lalu memakan lebih dari 300.000 korban jiwa. Ini adalah tsunami paling mematikan yang tercatat dalam sejarah yang dipicu oleh gempa terbesar kedua yang tercatat dalam sejarah, dengan kekuatan 9,3,skala Richter di perairan sekitar Pulau Sumatra, Indonesia. Gelombang tsunami tercatat setinggi 24 meter. (bin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: