Artikel Menarik Lainnya

Slider

Tahukah Kamu

Humor

Asmara

Kesehatan

Renungan

Gaya Hidup

Biografy

» » » » Resiko Menggunakan BBM di Android & iPhone

Jakarta - Sebelum Anda menggunakan aplikasi BBM pada perangkat iPhone dan smartphone Android Anda, ada baiknya pahami dulu risikonya.

Bagaikan dua sisi mata uang, segala sesuatu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk BlackBerry Messenger.

Meski sudah menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia, yang penduduknya memang banyak menggunakan handset BlackBerry, aplikasi BBM tetap saja memiliki sisi negatif jika Anda sematkan pada iPhone atau smartphone Android Anda.

Apa saja? Mari kita simak bersama di halaman berikutnya.
1. Baterai Akan Semakin Boros
Berbagai perangkat Android menggunakan daya yang lebih besar dari kebanyakan handset BlackBerry. Dan kehadiran aplikasi BBM di dalamnya diyakini akan membuat kebutuhan daya semakin membengkak, apalagi dengan kondisi internet yang terus aktif.

Baik notifikasi maupun aktivitas di BBM tentu saja membutuhkan suplai tenaga lebih. Akibatnya, Anda akan lebih sering membutuhkan charger atau powerbank. Ya, inilah risiko pertama yang mesti dipahami.

2. Kuota Internet Juga Jadi Lebih Boros
Sebagian besar operator seluler di Indonesia membagi paket internet BlackBerry dalam dua jenis, yakni BBM service dan full service. Artinya, BBM juga membutuhkan akses internet cukup besar yang menjadi alasan provider melakukan hal demikian.

Sementara bagi pengguna smartphone Android dan iPhone, kuota juga merupakan hal yang mutlak. Ketika kuota internet habis, kepintaran smartphone (Android dan iPhone) tak ada artinya dan praktis tak berguna.

Nah, saat menggunakan BBM, yang harus dipahami bahwa Anda akan membutuhkan kuota yang lebih banyak dari biasanya. Risikonya tentu saja pengisian ulang pulsa (jika menggunakan SIM card pra-bayar) akan lebih sering.

3. Serangan Broadcast Message
Pernah mendengar fasilitas broadcast message pada BBM? Ya, tentu saja mengingat BBM bukan lagi hal aneh di tengah masyarakat Indonesia. Di satu sisi, fasilitas ini memberikan nilai tambah yang sangat besar saat Anda berinteraksi dengan banyak orang. Namun, sekali lagi, tetap ada saja kekurangannya.

Broadcast message belakangan banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pesan-pesan tak berguna alias sampah (spam).

Inilah yang seringkali membuat pengguna handset BlackBerry jengkel. Dan bagi Anda pengguna iPhone dan smartphone Android yang akan menyematkan BBM pada perangkatnya, bersiap-siap juga untuk ikutan jengkel dengan serangan ini.

4. Gangguan Jaringan
BlackBerry memiliki masalah yang belum terselesaikan dengan masalah jaringan. Mungkin saja hal ini disebabkan pengguna mereka yang sangat banyak. Hanya saja, sekali jaringan ini terganggu, maka keluhan dan sumpah-serapah langsung membanjiri berbagai situs jejaring sosial.

Apalagi akhir-akhir ini masalah jaringan BBM sering kali terjadi. Bahkan beberapa waktu lalu Menkominfo Tifatul Sembiring mengultimatum akan menutup jaringan BBM di Indonesia jika mereka tak bisa memperbaiki permasalahan ini.

5. Pesan Yang Tertunda Atau Pending Message
Masalah jaringan dan server juga menjadi momok lain BBM. Akibatnya, pengguna begitu sering merasakan pesan yang mereka kirim tertunda (pending message) lantaran server yang ngadat atau bahkan down.

Memiliki aplikasi ini diharapkan dapat memberikan fasilitas ekstra bagi pengguna iPhone dan smartphone Android. Namun, jika Anda tak siap dengan berbagai resiko tersebut, sebaiknya tunda saja dahulu untuk mengunduh aplikasi BBM di ponsel kesayangan.

Sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2031520/inilah-resiko-mengunduh-bbm-for-iphone-android#.UkBdVdLGrzg

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: