Artikel Menarik Lainnya

Slider

Tahukah Kamu

Humor

Asmara

Kesehatan

Renungan

Gaya Hidup

Biografy

» » » Sejarah Dan Perkembangan Twitter

Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia.
Tapi tahukah Anda bahwa Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda.
Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.

Asal Usul Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama.
Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.
Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesia sudah sangat banyak dan semakin bertambah.
Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda.


KONSEP TWITTER 

Ide dari pembuatan twitter ini cukup sederhana. mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob. Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini

Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.

Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.
Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft).


TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN

Twitter adalah layanan micro blog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektis sebagai media informasi komersial maupun non komersial. 

KELEBIHAN TWITTER
  • Twitter tidak hanya berbasis web tetapi juga berbasis mobile jadi akses untuk menggunakkan twitter lebih mudah.
  • Twitter sangat membantu, menghemat waktu dan uang karena saya tak perlu menulis surat atau  membuat pengumuman untuk menyampaikan sesuatu.
  • Kita dapat berteman tidak hanya dalam ruang lingkup nasional melainkan dalam ruang linkup internasional.
  • Dengan membalas tweet yang ditujukan pada kita adalah langkah yang baik di dunia per-Twitteran. Jika kita ingin lebih personal lagi dan tidak dilihat orang lain, kita bisa menggunakan layanan DM dibanding dengan melakukan reply malah akan lebih baik.
  • Dapat mengubah gambar background twitter kita, sehingga bisa lebih menarik dan tidak monoton.
  • Jangkauannya lebih luas tidak hanya antar teman saja. Kita bisa melihat tweet semua orang tanpa harus menjadi temannya, jadi kita hanya perlu mengetahui nama seseorang / emailnya lalu mengetikannya di search engine twitter.
 
KEKURANGAN TWITTER
  • Karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 140 karakter.
  • Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai  beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
  • Dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
  • Foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.
  •  Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.
  • Dalam twitter tidak tersedia fitur chatting seperti di facebook sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.
 
KEAMANAN TWITTER

Menurut saya, keamanan twitter sudah cukup baik. Sebenarnya, jika kita ingin account twitter kita menjadi lebih private, kita bisa memprotect twitter kita sehingga tidak sembarang orang bisa melihat twitter kita, kecuali following kita sendiri. Sebagai mana telah diketahui, situs ini mempunyai sertifikat SSL untuk mengenkripsi data yang ada di dalam situs mereka. Apa itu Sertifikat SSL? SSL merupakan kepanjangan dari Security Socket Layer yang dalam artian di dalam situs yang terdapat sertifikat ini mempunyai lapisan keamanan yang telah dienkripsi, atau dalam pengertian lain, semua data yang ada di dalam situs akan di acak sedemikian rupa sehingga akan mencegah jika ada orang atau sebuah software yang ingin mencuri data dari situs tersebut. Tinggi atau rendahnya keamanan dalam situs yang menggunakan sertifikat SSL ditentukan dengan besar kecilnya ukuran satuan bit pengenkripsian data. Semakin besar ukurannya maka semakin tinggi pula tingkat keamanannya.

Pada saat tulisan ini dimuat, situs milik Twitter Inc. menggunakan sertifikat SSL RC4_128 bit dari VeriSign Trust Network, sehingga proses pengacakan data di situs ini masih menggunakan versi standard, walaupun demikian sertifikat yang dikeluarkan oleh VeriSign merupakan sertifikat teraman jika dibandingkan dengan sertifikat SSL dari Prrovider lain dengan tingkatan yang sama.


PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN

Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. Hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Jadi menurut saya kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow) dan juga memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan siapapun (pengguna twitter lainnya). Kita juga dapat berkenalan dengan pengguna lainnya.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Mungkin ditahun-tahun yang akan datang aplikasi pada twitter bisa ditambah lagi seperti ada games, penambahan karakter yang lebih besar dari 140, sehingga pesan berantai di twitter menjadi lebih terexplorasi sesuai dengan keinginan dan maksud tujuan si penulis.
 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments: