Waktu bagi sebagian orang itu sangat penting waktu selalu
berjalan cepat jika tidak diatur dengan tepat maka waktu akan sangat sia sia
bagi kita. Bagi orang yang memiliki kesibukan mengatur waktunya sangat penting
jika sampai waktu yang digunakan tidak tertata rapi sudah pasti semua
pekerjaanya akan kacau. Nah berikut ini ada beberapa kesalahan dalam mengatur
waktu ingin tahu apa aja itu simak 5 Kesalahan Dalam Mengatur Waktu.
1. Terlalu detail
Akibatnya rencana yang seharusnya simpel dan mudah
terlihat rumit dan kompleks sehingga menjadi sulit dikendalikan. Gejala
overdetail ini mendorong kita mencatat terlalu banyak hal, padahal bisa jadi
tidak semuanya penting.
2. Jadwal berlebihan
Kebanyakan jadwal akhirnya malah menjadi penghambat
efektivitas karena menuntut Anda melakukan banyak hal dalam waktu terbatas.
Efek jangka panjangnya dapat menimbulkan stres dan membuat Anda merasa tak
nyaman melakukan pekerjaan.
3. Rencana berlebihan
Apapun kegiatan yang Anda pilih yang terpenting adalah
aksi. Jangan sampai Anda hanya sibuk membuat rencana tetapi tidak ada satu pun
yang dilaksanakan. Jika ini sudah terjadi berarti Anda sudah overplanning atau
rencana berlebihan. Menurut M.Christian dalam bukunya Time Management, Mengatur
Waktu Itu Mudah, gejala overplanning adalah terlalu sibuk dengan berbagai
rencana dan gagal mengeksekusi rencana yang dibuat. Kemudian menjadikan semua
kegiatan sebagai obyek rencana.
4. Suka menunda
Tanpa kedisplinan dari dalam diri, manajemen waktu takkan
berjalan efektif. Seringkali terjadi karena berbagai godaan misalnya menunda.
Menunda pekerjaan berarti menunda diri sehari mencapai tujuan.
5. Kesalahan rencana
Bisa terjadi karena salah informasi yang tidak
dikumpulkan dengan lengkap dan tepat. Padahal informasi akurat adalah kunci
utama mencapai keberhasilan mengatur waktu.
Sumber : http://7onthespots.blogspot.com/2012/12/7-kesalahan-dalam-mengatur-waktu.html
No comments:
Post a Comment